11 Tips if You're Going on a Lombok-Flores Sailing Trip! (Written in Bahasa Indonesia)

  
  
  1. Bawa Koper Kecil
Yess kalau bisa bawa koper ukuran kabin aja. Waktu itu saya bawa koper super gede, karena barang-barang saya gak cukup di koper ukuran kabin dan gak punya koper yang ukurannyan sedang. Di sana cukup merasa repot dan juga merepotkan orang yang bantu saat harus turunin dan naikin koper ke kapal, hotel di labuhan bajo, dsb. Selain itu, kalau dengan koper ukuran kabin kita nggak perlu repot-repot datang cepat untuk ke counter baggage drop kalau sudah online check in. 
  
  2. Sepatu is a Must!
      Di pulau-pulau kegiatannya penuh dengan tracking. Di beberapa tempat, si bapak kepala rombongan sempat bilang 'gausah pakai sepatu, pakai sendal juga bisa'. Yaa kalau menurut saya yang ini jangan diikuti. Mungkin bagi awak kapal yang memang sudah biasa dalam 1 bulan bisa empat kali bolak-balik mengikuti tur ini, pakai sendal ataupun tanpa alas kaki ya gampang-gampang aja. Tapi jangan bandingkan mereka dengan kita yang gak biasa. Saya bersyukur banget bawa running shoes dan setiap turun pulau yang butuh tracking, walaupun dibilang medannya gampang, saya tetep pakai sepatu.

  3. Untuk Perempuan: Pastiin Gak Dapet (sepenting itu sih menurut saya)
     GIRLS buy pills to delay your period! Sayang banget kalau disana dapet karena gak bisa berenang, gak bisa turun di komodo dan pastinya repot banget. 

  4. Kalau snorkeling Pakai Fins Supaya Gak Tergores Terumbu Karang
Hahaha kalau ini sih kayaknya udah pengetahuan umum ya, tapi karena saya emang bukan orang yang biasa snorkeling atau diving jadi gak siapin apa-apa. Jadi yaa cukup luka-luka sehabis snorkeling.

  5. Sunblock
Flores itu PANAS BANGET. Tadinya mau nulis 'harus pake sunblock biar gak hitam' tapi kayaknya gak mungkin deh gak menghitam, jadi saya rubah jadi 'harus pake sunblock biar kulitnya gak terbakar'.

  6. A Note to the Clean Freaks
      Saya orangnya cukup jijik-an untuk semua hal yang berhubungan sama makanan. Jujur, kemarin rada susah makannya karena merasa kalau alat makan di kapal kurang bersih. Jadinya ya, selama empat hari di kapal saya hanya makan mie instan yang di cup dan snack yang dibawa dari rumah. Saran untuk kalian yang seperti saya, selain bawa snack dari rumah mending bawa alat makan dan piring plastik yang sekali pakai. HEHE lebay sedikit mungkin tapi gakpapa daripada gak bisa makan.

  7. Siapin cash secukupnya
    Jangankan ATM, di pulau-pulau yang kita singgahi itu warung aja terkadang gak ada (Karena itu, sekalinya ketemu warung saya langsung beli snack yang banyak untuk di kapal). Saya bertemu ATM cuma di bandara Lombok dan di Labuhan bajo. Walaupun gak bisa ambil uang di ATM, kalian gak perlu bawa uang terlalu banyak juga karena gak akan terpakai selain untuk beli snack dan biaya sampan untuk turun di Pink Beach.

  8. Jaket
Walaupun disana panas banget, di kapal kalau malam cukup dingin dan anginnya lumayan kencang. Lebih baik bawa wind breaker supaya gak terlalu memenuhi koper dan tetap cukup hangat.

  9. Siap Antimo
No explanation needed.

  10. Jangan Bawa Terlalu Banyak Barang Saat Turun ke Pulau
Biar gak repot, saat turun di Gili Lawa, Padar, Rinca, Komodo lebih baik bawa air putih saja sama kamera. Air putih harus bawa ya, karena selama tracking pasti haus.


  11. Bagi yang Biasa Pakai Contact Lense, Lebih Baik Bawa Kacamata Aja
 Di posting sebelumnya saya sudah bilang kalau air yang disediakan di kapal itu air payau, yaitu air laut yang disaring, bukan air tawar. Takutnya kalau cuci tangan pakai air itu kurang bersih dan bisa bikin mata iritasi kalau pake contact lense. Selain itu kegiatannya kan banyak berenang, jadi gak mungkin kalau pakai contact lense.

Yup itu aja tips dari saya berdasarkan pengalaman dan opini pribadi, tentunya tiap orang kebutuhannya beda-beda yaa. Buat kalian yang tertarik untuk sailing ke Flores dan 'setipe' sama saya, semoga posting kali ini bisa membantu :)

0 comments:

Post a Comment