Pengajuan visa pelajar Korea Selatan untuk pertukaran pelajar (Visa D26)




Yang bikin gak bisa tidur selama 4 hari kerja, apalagi kalau bukan... VISA. For some of us applying for visa can be very nervewracking, even when we've completed all the documents needed for the application. 


Gimana sih cara apply visa Korea sendiri tanpa bantuan travel agent? Well here are few things you need to know:

1. Tidak seperti posting saya sebelumnya mengenai pengajuan visa Australia yang bisa melalui VFS, pengajuan visa Korea Selatan dilakukan langsung di kedutaan besar Korea di Jalan Jendral Gatot Subroto kav. 5, Setiabudi, Jakarta Selatan. 

2. Pengajuan visa dibuka pukul 09.00 - 12.00 dan pengambilan visa yang sudah approved dilakukan pada pukul 12.00-14.00.

3. Biaya pembuatan Visa D26 (Januari 2017) adalah Rp 816.000 (Single entry). Hanya menerima Cash & Debit card.

4. Dokumen yang dibutuhkan:
  • Formulir visa (obviously!). Sebenarnya formulir visa turis dan pelajar sama saja, tapi pada formulir akan ada pilihan yang harus dicentang mengenai tujuan mengunjungi Korea, apakah untuk studi, wisata, atau kebutuhan lainnya. Formulir pengajuan visa bisa diunduh di sini.
  • Data diri. Kamu harus mengumpulkan paspor asli dan fotokopi KTP. Kalau visa kamu approved, visa korea akan ditempelkan langsung pada halaman visa di paspor kamu (Gak seperti visa Australia yang sistemnya sudah e-visa)
  • Visa issuance number. Setelah kamu diterima di universitas yang dituju,  kamu pasti mendapat issuance number untuk visa kan? Nomor itu harus ditulis di kolom yang tertera di formulir.  
  • Letter of Admission. Ini adalah surat bukti kalau kamu sudah diterima di Universitas yang kamu tuju di Korea. Nah waktu itu saya sempat salah bawa karena memang gak dikasih dari universitasnya. Waktu itu yang saya bawa ke kedutaan adalah letter of acceptance, yaitu surat pertama yang saya terima setelah mendapat email kalau saya diterima di sana. Kalau letter of admission itu lebih rinci dan saya rasa sama formatnya di seluruh universitas di Korea. Kalau tidak dikirimkan secara otomatis oleh universitas, jangan lupa untuk meminta langsung ke universitas yang dituju. Kurang lebih begini penampakan letter of admission, supaya gak ada yang salah kaya saya waktu itu:

  • Surat pernyataan bebas dari penyakit tuberculosis. Surat pernyataan ini sudah ada template nya sendiri di website kedutaan Korea, yang kemudian formulir ini harus diprint dan diisi oleh pihak RS. Waktu itu Saya tes TB di RSPI, sekitar 2 bulan sebelum keberangkatan (sesuai peraturan dormitory yang akan saya tinggali, tes TB harus dilakukan paling lama 3 bulan sebelum kedatangan). Tes untuk tuberculosis yang saya lakukan adalah mantoux test dan x-ray dada. 
         Untuk yang belum tau mantoux test itu seperti apa, tes ini dilakukan dengan menyuntikkan              
         cairan (gak tau persis itu obat apa) ke lengan. Kalau dalam 3x24 jam titik yang disuntikkan itu 
         memerah dan melebar melebihi 10 mm (diameternya) berarti kamu memiliki/pernah terkena 
         virus tuberculosis dalam tubuh kamu dan sebaliknya. Waktu itu saya sempat kaget karena 
         merah saya cukup besar, tapi setelah cek ke dokter ternyata yang dilihat adalah diameter kulit      
         yang mengeras, bukan lingkaran merah di sekelilingnya dan saya pun dinyatakan negatif  
         memiliki tuberculosis. Selain itu, kata dokternya sih orang yang mengidap penyakit TB sudah  
         bisa dilihat dari fisiknya yang (mungkin) terlihat lemah. Oh iya, mantoux test ini cukup 
         perih sih menurut saya, karena disuntikkannya tipis banget di bawah permukaan kulit 
         sampai kulitnya sedikit bentol seperti digigit nyamuk. Karena kulit saya juga sedikit sensitif, 
         bekas ruamnya sampai 3 minggu baru bisa hilang :")

         Tapi kayaknya tes mantoux ini gak diharuskan kok! Temen saya disini juga ada yang hanya di  
         x-ray dan diperiksa fisik aja. Mungkin  semua tergantung regulasi dokternya.

         Pengunduhan formulir dan informasi daftar rumah sakit yang diakui oleh kedutaan Korea bisa  
         dilihat di sini.  
      • Rekening koran 3 bulan terakhir. Rekening koran adalah catatan pengeluaran dan pemasukan di rekening kamu. Persyaratan ini standar kalau kamu mau apply visa manapun dan tujuannya adalah untuk membuktikan kalau kamu punya uang untuk membiayai kebutuhan kamu selama disana dan gak akan menjadi imigran gelap di Korea. Pengumpulan rekening koran ini tidak diperlukan kalau kamu dibiayai dengan sponsor/beasiswa. Kamu bisa lampirkan aja surat keterangan dari pemberi beasiswa bahwa kamu akan dibiayai selama studi disana. 
      • Surat keterangan mahasiswa. Surat keterangan ini bisa  kamu minta ke bagian administrasi di kampus kamu, tujuannya untuk membuktikan bahwa kamu benar merupakan mahasiswa/i di universitas tersebut dan memang akan kembali lagi untuk melanjutkan studi di universitas asal.
      • Visa yang pernah didapat sebelumnya. Kalau memang kamu sering pergi ke negara lain yang membutuhkan visa, kamu bisa mencantumkan copy dari semua visa kamu. Hal ini untuk meyakinkan kedubes Korea bahwa kamu sudah sering diterima di negara lain dan meyakinkan mereka untuk mengizinkan kamu memasuki negara mereka. 
      5. Kamu ga usah dateng pagi-pagi banget gakpapa kok. Sebelum Saya mengajukan visa Korea, Saya sempat browsing mengenai proses teknis pengajuan visa Korea. Dari salah satu blog, Saya membaca bahwa proses review aplikasi kita itu lama banget dan butuh waktu 2 jam hanya untuk melewati nomor 5-20. Berdasarkan informasi yang saya baca itu, saya akhirnya siap pagi-pagi saat kedutaan baru buka. Eh gak taunya prosesnya cepet banget, gak sampai 10 menit sudah bisa melewati 5 nomor.

      6. Setelah menyerahkan dokumen, kamu akan mendapat slip tanda terima. Pada slip ini terdapat tanggal estimasi waktu visa kamu sudah bisa diambil, jika visa approved. Untuk memeriksa status visa, bisa dilakukan di sini. Isi saja seperti contoh foto dibawah:
      Untuk kolom nama, tulis nama belakang terlebih dahulu disusul dengan nama depan. Kalau visa sudah approved, maka kolom application status akan berubah menjadi approved, tetapi, kalau status visa masih dalam tahap review (belum selesai diproses) maka pada kolom application status akan tertulis 'Application received' dan kamu harus memeriksa kembali keesokan harinya.

      Kalau status visa kamu sudah berganti jadi approved, kamu tinggal datang aja kembali ke kedutaan pada pukul 12.00 dengan membawa slip Visa yang sudah diberikan. Berangkat deh ke Korea!



      9 comments:

      1. malam, apakah kaka diminta spt pph 21? karna aku liat liat di internet banyak yang bahas tentang spt

        ReplyDelete
        Replies
        1. Engga kokk, itu sifatnya opsional sebagai dokumen pendukung. Km bisa ganti dengan mengumpulkan rekening koran 3 bulan terakhir/slip gaji/SPBB (yang penting dokumen yang bisa membuktikan kepemilikan harta). Kalau kamu dibiayai dengan beasiswa, bisa juga digantikan dengan surat keterangan dari pemberi beasiswa :)

          Delete
      2. ka, aku udh apply visa nya. estimasi boleh diambil itu besok tgl 22. nah, tapi sampai hari ini aku cek status visaku masih application recieved. wajar kah?

        ReplyDelete
        Replies
        1. Wajar kokk itu kan hanya estimasi aja, bisa kurang atau lebih. Aku jg waktu itu lebih dari tanggal estimasi.

          Delete
      3. halo kak salam kenal. aku mah tanya. kan aku ada rencana ngambil kuliah bahasa korea selama setahun di korea. dan dibiayai oleh kakak angkat saya yg berasal dari korea.
        lalu untuk visa d4 tertulis tabungan orangtua harus minimal 1.000 usd. sedangkan ortu saya tidak memiliki uang sebanyak itu karena pembiayaan saya kuliah bahasa di tanggung oleh kakak angkat saya di korea.
        apakah bisa menggunakan surat keterangan sponsor kuliah ?
        atau ada yg lain kak ?
        mohon pencerahannya kak. makasih

        ReplyDelete
      4. halo kak salam kenal. aku mah tanya. kan aku ada rencana ngambil kuliah bahasa korea selama setahun di korea. dan dibiayai oleh kakak angkat saya yg berasal dari korea.
        lalu untuk visa d4 tertulis tabungan orangtua harus minimal 1.000 usd. sedangkan ortu saya tidak memiliki uang sebanyak itu karena pembiayaan saya kuliah bahasa di tanggung oleh kakak angkat saya di korea.
        apakah bisa menggunakan surat keterangan sponsor kuliah ?
        atau ada yg lain kak ?
        mohon pencerahannya kak. makasih

        ReplyDelete
        Replies
        1. Iya, bisa berikan keterangan sponsor aja dari pemberi sponsor :)

          Delete
      5. hallo ka! salam kenal. kalau untuk visa, tiket pesawat sama tempat tinggal disertakan juga atau entar aja kalau visa udah dapet? thanks ka

        ReplyDelete
      6. untuk foto 4x6 apakah harus background putih?

        ReplyDelete